PBC (Pindo Bike Community)
Para Penggowes sepeda yang terbiasa melewati medan offroad dengan berbagai kondisi trek seperti aspal pecah, jalan setapak, jalan berlumpur, jalan kebun, turunan curam berbatu, tanjakan, kerikil dan lain sebagainya tentu mempunyai pandangan lain. Tidak jarang pula mereka harus merem mendadak setelah melaju kencang begitu melihat rintangan yang sulit dilewati. Mereka tentu menyadari beban kerja yang dialami oleh sepeda yang mereka gunakan.

Bagaimana pengaruh medan yang dilintasi terhadap kalibrasi handle bar, kondisi velg, jari-jari, rantai dan RD yang dipaksa bekerja keras, belum lagi bearing atau peluru yang bisa jadi pecah setelah melahap drop off atau menghajar batu.

Karenanya adalah sangat wajar bila sang Penggowes terlihat begitu asyik berjam-jam mengutak-atik, membersihkan, memberi pelumas, menyetel sparepart atau bahkan bolak-balik ke bengkel sepeda untuk memastikan sepeda yang biasa menemaninya selalu dalam keadaan tokcer.

Merawat sepeda gunung sebenarnya gampang dan murah, asal dilakukan secara rutin. Ibarat sepeda motor yang tidak dirawat secara rutin berkala, sepeda pun apabila tidak dirawat dengan baik maka apabila kerusakan terjadi sudah demikian parah tentu akan mengakibatkan

pengeluaran biaya yang tidak sedikit. Tetapi terus terang, rangkaian kegiatan sejak memilih, membeli/merakit, memakai, merawat serta memperbaiki sepeda adalah merupakan realitas mengasyikkan yang hanya bisa dirasakan oleh si empunya sepeda.

Tips merawat sepeda :
1. Bersihkan

Cuci sepeda Anda dengan air dan sabun agar bagian-bagian yang berpelumas bersih. Bersihkan bagian sprocket, chain ring pada crank, kabel, kanvas rem serta rotornya dan pulley RD dengan sikat gigi, kain kanebo

2. Keringkan
Keringkan dengan kain lap yang halus (kanebo) kemudian jemur sebentar agar sepeda benar-benar kering.

3. Lumasi
Lumasi bagian-bagian yang perlu pelumas dengan pelumas sepeda.
Bagian yang perlu pelumas : rantai, baut-baut shifter (tuas pemindah gigi), tuas rem, pemindah gigi ban depan dan ban belakang), cleatless pedal, serta kabel rem dan gigi.

4. Periksa
Periksa kembali baut-baut yang kendor, brake, bearing, kencangkan baut-baut agar aman saat digenjot.

5. Simpan
Simpan sepeda Anda, usahakan jangan diparkir lantai untuk jangka waktu yang lama, karena ban sepeda akan mengeras dan menyebabkan korosi pada velk alloy Anda. Menggantung sepeda akan lebih aman jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. (Dari berbagai sumber)




Bookmark and Share
Labels: |
Reactions: 
Share on Facebook
4 Responses
  1. Anonymous Says:

    Wuah bener neh mesti mau ngerawat jangan mau pakenya doang tul tuh..tapi males kadang2 ya.. he..he.. salam deh bat BTP ya semoga sukses


  2. Anonymous Says:

    udah di naikin ya dibersihin dong jangan mau naikinnya aja kebiasaaan sih...


  3. Anonymous Says:

    Boleh juga, ente punya tips... Gue baru nyadar kalo sepeda itu harus dirawat dgn baik, jgn cuman mo dinaikin aje...



Post a Comment